Selasa, 04 Agustus 2009

komponen harddisk part II

Head Actuator Mecanisem
Suatu mekanisme yang menggerakan head dan menempatkannya secara akurat diatas silinder yang diinginkan. Ada dua jenis mekanisme actuator :
- Stepper motor actuators
- Voice coil actuators (pada gambar)

Motor Spindle

Salah satu factor utama tang berperam untuk performa hardisk adalah kecepatan media yang memutar platter pada tingkat kecepatan yang tinggi sedikitnya 3600 Rpm. Motor spindle inilah yang bertugas untuk memutar platter.

Hardisk lama menggunakan karet atau bantalan gabus untuk memperlambat spindle untuk panghentian setelah power drive dipindahkan, tetapi drive terbaru menggunakan teknik pengereman dinamis. Waktu power dipindahkan tenaga magnrtis menyimpan coil dilepaskan sebagai denyut nadi voltase pembalik. Pengereman dinamis menggali energy voltase pembalik untuk berhenti lebih cepat dibandingkan dengan pengereman fisik.

Voice Coil

Komponen ini menggunakan sinyal feedback dari drive untuk menentuan posisi head secara sempurna. Cara kerja voice coil hampir sama dengan audio speaker, yang mana merupakan asal nama voice coil diambil. Audio menggunakan magnet diam yang dikelilingi voice coil yang terhubung dengan membrane speaker. Pemberian arus pada coil akan mengakkibatkan coil bergerak relative terhadap magnet diam. Pada voice coil hardisk, coil electromagnet disimpan di dekat magnet. Pada saat coil electromagnet diberi arus, maka akan menarik atau menolak magnet statis dan menggerakan lengan head sehingga system ini cepat dan eisien.

Air Filters

Kebanyakan hardisk memiliki dua filter udara.Filter yang satu disebut recirculating filter sedang yang lainnya disebut barometric or brather filter.Secara peramanen,kedua filter ini berada didalam drive dan dibuat tidak seumur hidup drive tersebut. filter pada gambar berwarna putih.

download gambar lengkap

by fuad suyudi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar