SentraClix

Sabtu, 01 Agustus 2009

komponen harddisk part I

Platter

Sebuah hardisk biasanya memiliki satu atau lebih platter,atau disk atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan piringan.Ada beberapa ukuran disk yang biasa digunakan adalah :

- 5.25”

- 2,5 “

- 3.5”

- 1.8”

Pada computer desktop dan beberapa computer portable biasa digunakan disk yang berukuran 3.5”. Sedangkan disk 2.5” biasa digunakan pada computer portable dan notebook.Harddrive kebanyakn memiliki dua atau lebih disk.Pada hard disk 3.5”,maksimum disknya adalah 11 buah disk.

Disk atau platter terbuat dari bahan alumunium alloy untuk ketahanan dan ringan.Pada saat ini banyak digunakan bahan glass-ceramic,yang memiliki ketahanan yang lebih baik dari alumunium dan biasanya berbentuk tipis.

Media Perekam

Sebuah platter dilapisi oleh lapisan tipis bahan magnetic yang disebut media perekam yang mana media informasi disimpan. Ada dua tipe media yang sering digunakan pada platter Hardisk, yaitu :

= Oxide media

Oxide media berwarna kecoklatan dan terbuat dari berbagai bahan yang mengandung iron oxide sebagai bahan aktifnya. Media itu mudah tergores oleh head karena sangat halus.

= Thin-film media

Thin-film media bentuknya lebih tipis, lebih keras, dan lebih sempurna dari pada oxide media. Proses pelapisannya mirip dengan pengkroman besi. Media ini berwarna keperakan dan terbuat dari bahan cibalt alloy. Apabila platter tergores akan menyebabkan bad sector.


Logic Board

Semua hardisk mempunyai board logic. Boar logic ini merupakan circuit electronic yang bertugas mengontrol spindle drive, head actuator dan mengatur lalulintas data.


Read/Write Heads

Biasanya sebuah hardisk mempunyai satu read/write head untuk tiap sisi platter dan terhubung pada suatu mekanik penggerak. Pada saat drive sedang istirahat, head akan menyentuh platter, namun ketika drive berputar pada kecepatan penuh, tekanan udara akan mengangkat head dari permukaan plater. read/write head terletak pada bagian ujung pada gambar.


Head Sliter

Merupakan tempat read/write head berada. Head slider akan mengantarkan read/write head ke sector yang dituju, serta membawa head pada jarak yang tepat dari media untuk baca dan tulis.

download gambar lengkap


by fuad suyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar