SentraClix

Rabu, 01 April 2009

Menangani computer yang berisik

jika anda mendengarkan sebuah lagu mungkin terbengar enak. Mendengar suara dentuman mesin mobil dari adegan filem yang anda tonton, suara tembakan dari game ketika memainkan game sangat mengasikan dan membikin kita semakin tertantang untuk memainkannya. Namun suara berisik yang dihasilkan komputer Anda bukanlah hal yang menyenangkan untuk didengar. Apalagi jika Anda termasuk orang yang jarang mematikan PC, meskipun tertidur(bisa-bisa itu menjadi mimpi buruk anda). Komponen apa saja pada komputer yang berisik? Bagaimana cara menanganinya?

cooling fan(kipas pendingin)
Fan memang sering digunakan banyak orang untuk mengusir panas dari komponen suatu komputer. Namun, selain mendinginkan CPU, fan juga yang sekaligus membikin keributan yang menghasilkan suara berisik pada komputer Anda. Apalagi yang memiliki banyak fan yang terpasang dikomputernya. Satu pada processor, dua terintegrasi pada power supply. Belum lagi jika motherboard dilengkapi dengan fan pada chipset, fan pada video card. bagi yang mengutamakan kesejukan pada CPU, kebanyakan orang menambahkan dari 1 buah fan sampai dengan 4 fan tambahan untuk menghasilkan aliran udara yang sejuk pada CPU. Belum lagi yang senang memanjakan harddsik , kadang menambahkan harddisk cooler yang artinya fan tambahan lagi.

Jika anda ingin memasang fan tambahan, usahakan fan tersebut berkualitas dengan tingkat kebisingan rendah. Fan yang bagus tidak banyak menghasilkan getaran saat berputar. Biasanya Fan berdiameter besar dapat menghasilkan tingkat kebisingan yang lebih rendah daripada fan yang berukuran kecil. Jadi jika casing Anda memungkinkan, pilih fan berukuran 120 mm daripada fan 80 mm.

Lain-lain
Suara berisik dari komputer Anda juga dapat terjadi karena getaran yang dihasilkan. Fan dengan kualitas buruklah yang menjadi salah satu penyebabnya.usahakan Sekrup yang tidak terpasang dengan baik juga menyebabkan suara getaran, jadi kencangkan sekrup-sekrup yang terpasang pada CPU anda.


by Fuad Suyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar