SentraClix

Selasa, 31 Maret 2009

pengamanan komputer dari berbagai kerusakan

Pengamanan computer pribadi sangatlah penting dilakukan untuk menjaga keslamatan sisem windows dan data-data yang dibutuhkan dari bahaya kerusakan atau hilang. Pengamanan tersebut untuk menghindari dua kemungkinan yaitu dari serangan virus-virus computer dan tangan-tangan jahil yang menggunakan komputer anda kemudian mengacak-acak system dan data yang ada didalamnya. Dengan demikian anda harus melakukan pengamanan atau anda harus menerima resiko jika system windows rusak atau data-data yang anda miliki hilang, cara-cara pengamanannya adalah sebagai berikut :

  1. Pengamanan dari serangan tangan-tangan jahil

Pengamanan dari tangan-tangan jahil dapat dilakukan dengan beberapa cara, agar tangan jahil tidak dapat merusak atau mengacak-acak data di computer anda. Tetapi jika orang tersebut mahir dalam hal computer mungkin ini sebagai penghambat saja, tetepi bukan berarti itu mutlk ditembus.

  • Pengamanan dengan password BIOS

  • Pengamanan melalui proses booting

  • Pengamanan melalui boot key

  • Mengamankan control panel

  • Pengamanan file-file penting

  • Pengamanan file dengan extention


  1. Pengamanan dari serangan virus

Selain tangan-tangan jahil, serangan yang perlu anda waspadai adalah serangan virus karena dapat mengacaukan system yang ada dikomputer anda. Ada beberapa jenis virus dalam computer seperti virus macro yang merusak file dokumen, Trojan merusak system dalam computer anda, ada juga yang hanya tampil di layar computer tetapi tidak merusak data dan system computer anda tetapi sangat mengganggu karena sering muncul secara tiba-tiba sehingga kengganggu anda pada saat bekerja di depan computer. Penanganannya pertama yaitu dengan cara memasang anti virus yang anda percayai dapat melawan semua jenis virus yang masuk dalam computer anda. Kedua jangan sembarangan memasukan sembarang flasdisk yang tidak anda ketahui kemana saja flasdisk itu melakukan transfer file. Ketida jangan coba-coba memasang internet jika computer yang anda gunakan tidak dilengkapi dengan antivirus, sebab dari situlah pertamakali virus disebarkan kemudian dari flasdisk dan CD akan menyebar ke computer lain jika flasdisk dan CD tersebut di gunakan tersebut dan dia tidak memakai antivirus.


by Fuad Suyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar